Friday, August 03, 2012

DALAM MIHRAB CINTA 19


Bu Nyai ini umurnya lima puluhan tahun. Dulumenghafal Al-Quran di Kudus. Dan di tangannya kinitelah lahir ratusan santriwati yang hafal Al-Quran. Saatitu kebetulan Pak Kiai sedang pergi ke Rembang. HanyaBu Nyai yang menemui.'Apa yang bisa Ummi bantu, Anakku? Oh ya siapanamamu, Anakku?" tanya Bu Nyai."Nama saya Rana, Ummi. Lengkapnya DewiZahrana. Kedatangan saya ke sini pertama untuksilaturrahmi. Kedua untuk mohon tambahan doa dariUmmi. Kebetulan saya ikut mengajar di STM Al Fatah.Baru enam bulan ini Ummi." Terang Zahrana dengankepala menunduk."O begitu. Ya. Jadi kau guru baru di STM Al Fatah?""Iya, Ummi.""Dulu nyantri di mana?"Belum sempat Zahrana menjawab, Lina memotong,"Zahrana ini belum pernah nyantri, Ummi. Tapi diahariannya seperti santri. Zahrana ini dari SMA. Teruskuliah S.l di UGM dan S.2 di ITB Bandung, Ummi.""Kalau begitu kamu hebat ya Zahrana. Bisa S.2 diITB. Jurusan apa?""Teknik Sipil, Ummi."Bu Nyai hanya manggut-manggut.Lina tahu bahwa Zahrana tidak berani mengungkapkanmaksud sebenarnya. Maka dengan tanpadiminta ia lalu menjelaskan dengan sehalus mungkinmaksud utama kedatangan Zahrana ke pesantren. BuNyai menjawab,"Saya yakin tidak mudah mencari yang seleveldenganmu, Anakku. Jujur saja kalau misalnya adayang selesai S.2 umurnya sama denganmu dia akanmemilih yang lebih muda darimu. Lelaki itu umumnyapunya ego, tidak mau isterinya lebih pinter dan lebihtua darinya. Tapi ya tidak semua lelaki lho. Sekali lagitidak mudah mencarikan jodoh yang pendidikannyaharus tinggi seperti kamu juga saleh. Kalau boleh tahu,kalau strata pendidikannya tidak setinggi kamubagaimana?"Zahrana mengerti maksud Bu Nyai. Segera iamenjawab,"Saat ini status, strata, kedudukan sosial, pendidikandan lain sebagainya tidak jadi pertimbangan saya BuNyai. Saya hanya ingin suami yang baik agamanya. Baikimannya dan bisa jadi teladan untuk anak-anak kelak.Itu saja.""Oo, baiklah kalau begitu. Besok kautelpon aku ya.Nanti malam aku akan rembugan denganPak Kiai.Semoga ada pandangan.""Baik Bu Nyai."----------------------
next part 20

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 comments:

Cerpen666

-Cerpen666-Only-

RECENT POSTS

Cerpen666-blog-

POPULAR POSTS

Cerpen666-
 

LOVE IS TO ACCEPT OTHERS FOR WHAT THEY ARE Copyright © 2011-2012 BloggerTemplate is Designed by Cerpen666