Friday, May 04, 2012

CINTA SEPANJANG JALAN _ part_2


Kesibukanku bekerja di sebuah
perusahaan swasta di kawasan
Yokohama, ditambah lagi
mengurus dua puteri remajaku, membuat aku seperti tenggelam
dalam kesibukan di negeri sakura
ini. Inipun aku pulang setelah
kemarin menyelesaikan sedikit
urusan pekerjaan di Tokyo. Lagi-
lagi urusan pekerjaan. Sudah hampir duapuluh tahun
aku menetap di Jepang.
Tepatnya sejak aku menikah
dengan Emura, pria Jepang yang
aku kenal di Yogyakarta, kota
kelahiranku. Pada saat itu Emura sendiri memang sedang di Yogya
dalam rangka urusan kerjanya.
Setahun setelah perkenalan itu,
kami menikah. Masih tergambar jelas dalam
ingatanku wajah ibu yang
menjadi murung ketika aku
mengungkapkan rencana
pernikahan itu. Ibu meragukan
kebahagiaanku kelak menikah dengan pria asing ini. Karena
tentu saja begitu banyak
perbedaan budaya yang ada
diantara kami, dan tentu saja ibu
sedih karena aku harus berpisah
dengan keluarga untuk mengikuti Emura. Saat itu aku berkeras
dan tak terlalu menggubris
kekhawatiran ibu.
Pada akhirnya memang benar
kata ibu, tidak mudah menjadi
istri orang asing. Di awal
pernikahan begitu banyak
pengorbanan yang harus aku
keluarkan dalam rangka adaptasi, demi keutuhan rumah
tangga. Hampir saja biduk rumah
tangga tak bisa kami
pertahankan. Ketika semua
hampir karam, Ibu banyak
membantu kami dengan nasehat- nasehatnya. Akhirnya kami
memang bisa sejalan. Emura juga
pada dasarnya baik dan
penyayang, tidak banyak
tuntutan. Namun ada satu kecemasan ibu
yang tak terelakkan, perpisahan.
Sejak menikah aku mengikuti
Emura ke negaranya. Aku sendiri
memang sangat kesepian diawal
masa jauh dari keluarga, terutama ibu, tapi kesibukan
mengurus rumah tangga
mengalihkan perasaanku. Ketika
anak-anak beranjak remaja, aku
juga mulai bekerja untuk
membunuh waktu. Aku tersentak ketika mendengar
pemberitahuan kereta Narita
Expres yang aku tunggu akan
segera tiba. Waktu seperti terus
memburu, sementara dingin
semakin membuatku menggigil.

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 comments:

Cerpen666

-Cerpen666-Only-

RECENT POSTS

Cerpen666-blog-

POPULAR POSTS

Cerpen666-
 

LOVE IS TO ACCEPT OTHERS FOR WHAT THEY ARE Copyright © 2011-2012 BloggerTemplate is Designed by Cerpen666