Friday, May 04, 2012

CINTA SEPANJANG JALAN _ part_4


Terus terang kehidupan remaja Jepang yang
kian bebas membuatku khawatir
sekali. Tapi menurut Yuka hal itu
biasa, pamit atau selalu lapor
padaku dimana dia berada,
menurutnya membuat ia stres saja. Ia ingin aku
mempercayainya dan memberikan
kebebasan padanya. Menurutnya
ia akan menjaga diri dengan
sebaik-baiknya. Untuk
menghindari pertengkaran semakin hebat, aku mengalah
meski akhirnya sering memendam
gelisah. Riko juga begitu, sering ia tak
menggubris nasehatku, asyik
dengan urusan sekolah dan
teman-temannya. Papanya tak
banyak komentar. Dia sempat
bilang mungkin itu karena kesalahanku juga yang kurang
menyediakan waktu buat mereka
karena kesibukan bekerja.
Mereka jadi seperti tidak
membutuhkan mamanya. Tapi aku
berdalih justru aku bekerja karena sepi di rumah akibat
anak-anak yang berangkat
dewasa dan jarang di rumah.
Dulupun aku bekerja ketika si
bungsu Riko telah menamatkan
SD nya. Namun memang dalam hati ku akui, aku kurang bisa
membagi waktu antara kerja dan
keluarga. Melihat anak-anak yang
cenderung semaunya, aku
frustasi juga, tapi akhirnya aku
alihkan dengan semakin
menenggelamkan diri dalam
kesibukan kerja. Aku jadi teringat masa remajaku. Betapa
ku ingat kini, diantara ke lima
anak ibu, hanya aku yang paling
sering tidak mengikuti
anjurannya. Aku menyesal.
Sekarang aku bisa merasakan bagaimana perasaan ibu ketika
aku mengabaikan kata-katanya,
tentu sama dengan sedih yang
aku rasakan ketika Yuka jatau
Riko juga sering mengabaikanku.
Sekarang aku menyadari dan menyesali semuanya. Tentu sikap
kedua puteri ku adalah
peringatan yang Allah berikan
atas keteledoranku dimasa lalu.
Aku ingin mencium tangan ibu.... Di luar salju semakin tebal,
semakin aku tak bisa melihat
pemandangan, semua menjadi
kabur tersaput butiran salju
yang putih. Juga semakin kabur
oleh rinai air mataku. Tergambar lagi dalam benakku, saat setiap
sore ibu mengingatkan kami
kalau tidak pergi mengaji ke
surau. Ibu sendiri sangat taat
beribadah.

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 comments:

Cerpen666

-Cerpen666-Only-

RECENT POSTS

Cerpen666-blog-

POPULAR POSTS

Cerpen666-
 

LOVE IS TO ACCEPT OTHERS FOR WHAT THEY ARE Copyright © 2011-2012 BloggerTemplate is Designed by Cerpen666